Cara Melihat Aplikasi Yang Tertaut di Gmail dan Menghapusnya
Cara Melihat Aplikasi Yang Tertaut di Gmail dan Menghapusnya

Cara Melihat Aplikasi Yang Tertaut di Gmail dan Menghapusnya

Menautkan aplikasi ke akun Gmail kamu dapat membantumu mengelola email dan mengakses fitur tambahan dari aplikasi tersebut. Misalnya, kamu dapat menautkan aplikasi pengelola tugas seperti Asana atau Trello ke akun Gmail kamu, sehingga kamu dapat membuat dan mengelola tugas dari dalam Gmail.

Selain itu, menautkan aplikasi ke akun Gmail juga dapat membantumu memanage email dengan lebih efisien. Misalnya, kamu dapat menautkan aplikasi pemfilter email seperti SaneBox ke akun Gmail kamu, sehingga email yang tidak penting dapat diurutkan ke dalam folder khusus dan hanya email penting yang akan ditampilkan di inbox kamu.

Menautkan aplikasi ke akun Gmail juga dapat membantumu mengakses fitur tambahan dari aplikasi tersebut. Misalnya, kamu dapat menautkan aplikasi penyimpanan file seperti Google Drive atau Dropbox ke akun Gmail kamu, sehingga kamu dapat menyimpan dan membagi file dari dalam Gmail.

Namun, perlu diingat bahwa menautkan aplikasi ke akun Gmail kamu juga berarti memberikan akses ke akun Gmail kamu kepada aplikasi tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk hanya menautkan aplikasi yang kamu percayai dan selalu memantau aplikasi yang terhubung ke akun Gmail kamu untuk menjaga keamanan akun kamu.

Cara Melihat Aplikasi Yang Tertaut di Gmail

Untuk melihat aplikasi yang terhubung ke akun Google kamu, pertama-tama login ke akun Google kamu di browser web. Kemudian klik pada ikon “My Account” atau “Akun Saya” yang terletak di sudut kanan atas layar.

Di halaman Akun Saya, pilih menu “Security” atau “Keamanan” yang ada di sisi kiri. Di halaman Keamanan, scroll ke bawah hingga kamu menemukan bagian “Third-party apps with account access” atau “Aplikasi pihak ketiga dengan akses akun”. Di bagian ini, kamu akan dapat melihat daftar aplikasi yang terhubung ke akun Google kamu.

kamu juga dapat mengubah pengaturan aplikasi yang terhubung atau menghapus aplikasi yang tidak diinginkan dengan mengklik tombol “Manage apps” atau “Kelola aplikasi” di sebelah masing-masing aplikasi.

Untuk lebih detailnya simak urutannya berikut ini :

  1. Login Gmail
  2. Klik “My Account” atau “Akun Saya”
  3. Masuk ke menu “Security” atau “Keamanan”
  4. Pilih menu “Third-party apps with account access” atau “Aplikasi pihak ketiga dengan akses akun”
  5. Setelah itu kalian bisa melihat daftar aplikasi yang terhubung dengan akun google kalian.

Disini kalian bisa mengelola aplikasi yang ada dan kalau kalian mau kalian juga dapat menghapusnya dari akun kalian. Untuk menghapus daftar aplikasi tadi kalian bisa ikuti tutorial diwabah ini.

Cara Menghapus Aplikasi Yang Terhubung di Gmail

Untuk menghapus aplikasi yang terhubung ke akun Gmail kamu, pertama-tama login ke akun Gmail kamu di browser web. Kemudian klik pada ikon “gear” di sudut kanan atas layar dan pilih “Tetapan” dari menu yang muncul. Di halaman Tetapan, pilih tab “Aplikasi dan layanan” yang ada di sisi kiri.

👉 TRENDING :   Perlu Tahu! Cara Melihat Insight Di IG Kapan Dan Dimana Saja

Di halaman Aplikasi dan layanan, kamu akan dapat melihat daftar aplikasi yang terhubung ke akun Gmail kamu. Untuk menghapus sebuah aplikasi, klik tombol “Hapus” yang ada di sebelah aplikasi tersebut. kamu akan diminta untuk mengonfirmasi penghapusan aplikasi dengan mengklik tombol “Hapus” lagi. Setelah mengklik tombol “Hapus”, aplikasi tersebut akan dihapus dari daftar aplikasi yang terhubung ke akun Gmail kamu

Bahaya Menghubungkan Sembarang Aplikasi ke Akun Google

Menghubungkan aplikasi ke akun Google dapat memberikan kemudahan kepada pengguna dengan memudahkan proses login dan sinkronisasi data. Namun, ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan saat menghubungkan aplikasi ke akun Google.

Salah satu risiko utama adalah keamanan. Dengan menghubungkan aplikasi ke akun Google, kamu memberikan akses ke data pribadi kamu kepada aplikasi tersebut. Jika aplikasi tersebut tidak aman atau tidak dipercaya, data pribadi kamu dapat terpapar risiko kebocoran atau pencurian.

Selain itu, dengan menghubungkan aplikasi ke akun Google, kamu juga memberikan izin kepada aplikasi tersebut untuk mengakses dan menggunakan data yang terkait dengan akun Google kamu. Ini dapat mencakup data seperti riwayat pencarian, kontak, dan aktivitas lain yang terkait dengan akun Google kamu.

Oleh karena itu, sebelum menghubungkan aplikasi ke akun Google, sebaiknya pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan aplikasi tersebut dengan seksama dan pastikan bahwa kamu mempercayai aplikasi tersebut. Jika ragu, sebaiknya jangan menghubungkan aplikasi tersebut ke akun Google kamu.

Kesimpulan

Berikut ini adalah poin-poin yang harus kalian ketahui tentang kelebihan dan kekurangan menghubungkan aplikasi ke akun Google, serta bahaya yang mungkin terjadi:

Kelebihan:

  • Memudahkan proses login dan sinkronisasi data.
  • Memudahkan akses ke fitur dan layanan aplikasi yang terhubung.
  • Memudahkan pembagian dan pertukaran data antara aplikasi yang terhubung.

Kekurangan:

  • Menyediakan akses ke data pribadi kamu kepada aplikasi tersebut.
  • Dapat menyebabkan terjadinya kebocoran atau pencurian data pribadi jika aplikasi tersebut tidak aman atau tidak dipercaya.
  • Dapat mengumpulkan dan menggunakan data yang terkait dengan akun Google kamu, seperti riwayat pencarian, kontak, dan aktivitas lain.

Bahaya:

  • Kebocoran atau pencurian data pribadi.
  • Penggunaan data yang tidak sesuai dengan kebijakan privasi aplikasi tersebut.
  • Penyalahgunaan akses ke fitur dan layanan aplikasi yang terhubung.

Oleh karena itu, sebelum menghubungkan aplikasi ke akun Google, sebaiknya pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan aplikasi tersebut dengan seksama dan pastikan bahwa kamu mempercayai aplikasi tersebut. Jika ragu, sebaiknya jangan menghubungkan aplikasi tersebut ke akun Google kamu.